Cerita ini ditulis saat saya dalam penerbangan pulang dari
Singapura.
Perjalanan singkat sebenarnya karena hanya 3 hari 2 malam di
sana dengan tujuan untuk menemani ayah saya check-up. Pas akan pulang dari
singapore, saya mengalami kejadian yang tidak menyenangkan di bandara changi
tepatnya di terminal 3. Ceritanya langsung diketik di smartphone beberapa jam
sesudah occurence supaya gak lupa detail-detailnya hehehe. Jadi waktu itu
pesawat kami (GA) departure-nya jam 17.35 dari Changi. Kita (papa, mama dan
saya) sudah tiba di Changi sekitar jam 2 siang. Karena masih lama banget
boardingnya & kita juga belum makan siang, saya dan keluarga pun nyari
foodcourt dan akhirnya ketemu Dine & Wine di T3. Kita tertarik beli jajanan
tusuk-tusukan sejenis Old Chang Kee disana, namanya TIP TOP. FYI, disana gak
jual skewers aja tapi juga mie goreng, nasi lemak dan kopi. Jadilah saya yang
diminta ngantri buat beli oleh orangtua saya. Antriannya sendiri cukup panjang, di kasirnya
ada satu nenek-nenek yang jagain sementara etalase skewersnya ada di sebelah
kasir. Kita pesannya harus via kasir. Di depan saya ada sepasang orang
Indonesia yang juga beli skewers. Sambil menunggu, saya amati orang yang
berbelanja di depan saya ini. Mereka gak sebutin nama skewernya, cuma
nunjuk-nunjuk di etalase dan hal itu bikin si nenek-nenek kasir ngomel, bilang
mention the name please, mungkin dia takut salah input. Sampai-sampai si
pasangan indonesia yang beli ini bilang sorry, sorry. Giliran mereka udah
selesai dan bayar, terus mereka mau minta receiptnya, tapi si nenek-nenek itu
bilang later later tanpa ngasih alasan yang jelas kenapa tuh receipt ga
dikasih. Ya pergilah mereka dan setelah itu giliran saya yang pesan.
Karena saya belum tau mau beli yang mana dan etalase
skewernya sendiri di samping kasir, jadi saya ngomongnya sambil pindah-pindah
gitu, nengok kasir dan nengok etalasenya ganti-gantian. Payah banget lah, baik
di kasir maupun di papan menu ga ada daftar nama skewernya. Pas saya sebutin
mau pesen apa (pakai English), kagetlah saya saat si nenek tiba-tiba ngoceh
pakai bahasa Mandarin. Meskipun saya gak ngerti banget bahasa mandarin, tapi
dulu kan pernah belajar saat SMA jadi masih bisa nangkaplah inti percakapannya.
Si nenek itu ngomel yang intinya begini "Sial banget dapet pelanggan ini.
Suaranya kecil banget. Laki-laki loh, masa laki-laki suaranya kecil begini."
Begitu dia selesai ngoceh, temennya (ibu-ibu, kita sebut B, masih lebih muda
dibanding nenek itu, sesama staff juga) bales ngomelin si nenek (in chinese)
yang intinya bilang jangan ngomong macem-macem lah tentang pelanggan, belum
tentu dia gak ngerti. Baru si nenek ngomong ke saya "Louder please"
dan akhirnya si B (ibu-ibu) itu yang mention pesanan saya ke nenek. Parah lah,
saya sampai speechless sama pelayan model gitu. Padahal si B yang berdirinya
lebih jauh dari saya aja paham dan gak minta saya repeat lagi. Selesai pesan
saya langsung bayar tanpa ngomong sepatah kata pun. Saya gak dikasih receipt
dari nenek itu, persis seperti pasangan Indonesia sebelumnya.
Asli, begitu saya jalan menjauh dari sana, saya jadi kesel
banget dan mikir si nenek itu kok kurang ajar banget, jangan mentang-mentang
bisa ngomong lebih dari 1 bahasa, terus bisa jelek-jelekkin orang asing
seenaknya aja pakai bahasa lain. Dikira saya gak ngerti kali ya jadi bebas
ngomong begitu di depan saya langsung. Saya sadar juga kalau suara saya memang
agak kecil, tapi kan bisa diomongi baik-baik kalau misalnya saya harus
mengencangkan suara. Harusnya yang namanya pekerja (udah) manula sadar,
pendengaran dan penglihatan sudah mulai menurun, jadi daripada ngomel-ngomel
gak jelas mending minta baik-baik. Pengin banget saya nulis di tripadvisor atau
situs lainnya, ngasih tau kalau pelayanan nenek ini di TIP TOP T3 Changi
Airport sangat buruk dan gak layak di bandara Internasional sebesar Changi.
Gak selesai sampai situ aja, setelah saya balik dan ngasih
makanan ke orang tua, mereka bilang enak dan minta saya beli lagi. Ya ampun,
uda kesel banget sebenarnya sama si nenek itu malah masih disuruh balik lagi
kesana. Taste wise, mereka (orang tua saya) makan yang skewernya dan mereka
bilang enak sementara saya makan Salted Egg Chicken Curry Puff, dan saya berani
bilang Puffnya beneran gak enak.
|
Tip Top T3 |
Akhirnya secara terpaksa saya balik lagi kesana dan
kebetulan yang ngelayani si B. Ternyata pasangan Indonesia sebelumnya balik
lagi kesana minta receipt dan si B langsung nanya ke nenek dimana receiptnya.
Si nenek bilang gak tau, dia gak ingat tapi akhirnya bisa ditemuin lagi oleh si
B receiptnya dan dikasih ke pasangan itu. Begitu pasangan itu pergi, si nenek
nanya mereka minta kembalian lagi ya? Terus si B bilang mereka minta receipt
bukan kembalian. Asli, ternyata emang bener nih nenek eror. Mungkin uda sering
diomelin pelanggan ya makanya jadi ga sopan & bad mannered. Untungnya si B
ngelayanin saya dengan baik. Gak minta ngulang ngulang sebutin pesanan,
kembalian bener, receiptnya langsung dikasih pula sambil ngomong thank you dan
senyum. Kali itu saya juga beli skewer mereka yang namanya Cheese Tofu. Kalau
yang ini enak, beneran, jauh lebih enak dibanding puff sebelumnya. Mungkin tadi
karena hati sedang kesal jadi makanan yang masuk pun terasa gak enak. Akibat
ulah nenek-nenek tukang kasir yang mulutnya gak bisa dijaga itu tuh. Dan akibat
saya juga yang bisa menangkap pembicaraan dia.
Kemudian saya punya minuman kalengan tapi gak ada sedotan.
Sejak tahu kalau minum langsung dari kaleng itu gak higienis, saya selalu cari
sedotan atau gelas buat minum. Pas banget momentumnya, karena jujur saya masih
kesal banget sama nenek-nenek itu, saya berencana mau ke TIP TOP lagi dan
bilang ke dia jangan pikir saya gak ngerti tadi dia ngomong apaan (mau ngelabrak). Begitu jumpa
saya mulai dulu intronya. Saya langsung nanya "Do you have any
straws?" ke si nenek. Si nenek langsung nunjukkin strawnya ada di samping
counter sambil bilang "Oh straw, over there". Lalu si B (ibu-ibu itu)
malah ngambilin sedotannya satu dan dibawakan langsung ke saya yang berdiri di
sisi counter lainnya. Saya bilang thank you dan si B tersenyum. Batal
marah-marahnya, mungkin bisa dibilang agak luntur karena kebaikkan hati si B.
Sepertinya si B juga tau kalau saya ngerti ngomongan si nenek tadi dan dia gak
enakkan. Lagipula counter mereka lagi ramai. Saat mau ke boarding gate, saya
lihat dari jauh ada pramugari SQ yang pesan makanan, dilayani lagi sama nenek itu dan si pramugari harus
ngulang pesanannya berkali kali. Mungkin memang begitu ya yang namanya
nenek-nenek. Kebanyakkan merasa selalu benar dan suka ngomel/ngoceh gak karuan.
By the way, nenek yang saya bicarakan ini bukan nenek yang bentuknya gendut,
pendek, kacamataan pakai topi gitu ya. Nenek ini kurus, lumayan tinggi,
rambutnya putih semua dan potongannya tomboy/laki-laki.
|
Slot Machine mainan kesukaan keluarga saya di Casino Marina Bay Sands |
|
Pengunjung udah ngantri di depan pintu masuk Heart Centre NUH padahal belum jam buka |
Bicara soal perjalanan kemarin, kami bertiga terbang pulang
pergi Singapore-Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia, dengan total
yang harus dibayar (untuk kelas ekonomi) Rp 8 jutaan (berarti satu orang kena Rp
2,6 jutaan). Untuk review maskapainya ya lumayan bagus, tapi menurut saya
pramugari di Garuda Indonesia gak begitu ramah dan helpful, mungkin beda
kasusnya kalau saya duduk di kelas bisnis. Makanan yang disajikan lumayan enak,
papa dan mama juga sepakat bilang makanan utama saat pulang dan pergi rasanya
enak. Hanya saja menurut saya, makanan pendamping yang disajikan itu tidak
menggugah selera. Selain makanan utama, ada makanan lain seperti
buah/salad/acar untuk sayurannya, roti & butter dan wafer/snack bar untuk
kudapan. Rotinya keras dan gak enak, kudapannya juga agak “malesin” karena itu (wafer/snack
bar) merupakan makanan yang bisa ditemukan dengan mudah di minimarket/swalayan.
Menurut saya seharusnya GA bisa lebih baik lagi di sektor makanan yang
ditawarkan ke penumpang.
|
Makanan saat pergi ke Singapore - mie goreng ayamnya enak |
|
Makanan saat pulang ke Jakarta, Nasi dengan Ayam dan terong. Menurut saya ini lebih enak dibanding mie gorengnya |
Untuk hotelnya, kita menginap di tempat yang sama seperti
sebelumnya, V Hotel Lavender. Letak hotel ini emang strategis banget karena ada
di atas stasiun MRT, sehingga biasanya hotel ini ramai dan harganya sendiri
cukup reasonable. Fasilitas yang saya suka dari hotel ini adalah free wifi yang
lumayan cepet speednya. Kamar tidurnya kita pesan yang family room (3 tempat
tidur untuk 3 orang), 2 malam dengan total 4,4 juta (gak termasuk breakfast).
Saat pertama kali saya masuk ke kamar, saya lihat ada smartphone tergeletak di
atas meja. Setelah diselidiki, ternyata ini terobosan baru dari V Hotel,
namanya Handy. Disitu ada tertulis “Stay connected with handy’s unlimited
mobile data and telephone calls”. Tapi saya sendiri gak tertarik untuk mencoba
lebih jauh. By the way, kamar disini kecil tapi perlengkapannya cukup oke, ada
safe deposit box, hair dryer, kulkas, lemari, TV, electric kettle dan televisi.
|
Handy by V Hotel Lavender |
Di Singapore sendiri aktivitas kita bolak balik rumah sakit
NUH – hotel – casino Marina Bay Sands
dan begitu seterusnya sampai pulang. Di hari terakhir baru kita sempetin jalan-jalan
bentar ke Bugis, baru lanjut ke Marina Bay Sands lagi dan kemudian ke bandara
untuk pulang ke Jakarta. Disana saya juga sempat cobain beberapa restauran junkfood
seperti McDonalds, Burger King dan Old Chang Kee pastinya (ini kayaknya bukan
junkfood). Ternyata McSpicy di McD Singapore rasanya sama aja seperti di
Indonesia, hanya saja ukuran daging mereka lebih besar dan lebih mahal tentunya
(sekitar $5.25 ala carte). Untuk Burger King, saya pesan paket promo seharga $5
berisi burger, kentang dan minum. Burgernya kecil, seukuran dengan burger
Burger King di Indonesia dan rasanya biasa banget. Kentang gorengnya agak beda
karena dilumuri cheese sauce dan ini menurut saya yummy. Kalau Old Chang Kee
seperti biasa kesukaan saya yaitu tusukkan yang ada cheese di dalemnya.
Biasanya mereka ada promo beli 4 tusuk mulai jam 2-5 pm cuma bayar $5. Lumayan
hemat lah kalau kalian mau beli banyak tusuk. Terakhir, di Bugis saya juga
sempat cobain Fried Carrot Cake ($2.5) di Albert Center. Menurut saya carrot
cake mereka ini enak banget dan telur gorengnya juga banyak. Selesai sudah
perjalanan singkat kami ke Singapore.
|
McSpicy yang rasanya enak dan dagingnya besar |
|
Kentang dengan saus keju dari Burger King, Kejunya agak manis-manis gitu |
|
Fried Carrot Cake. Seharusnya hitam semua tapi penjualnya nambahin yang putih, buat sample kata dia. Kalau saya ngelihatnya dia masak yang hitam kedikitan makanya dia tambahin lagi yang putih (original) |
|
Kelenteng di Bugis |
Selama nunggu di bandara saya juga sempatin jalan-jalan liatin fasilitas apa aja yang ada di Changi. Ternyata emang banyak yang free dan terawat baik fasilitasnya.
|
Free Movie |
|
Buat tidur-tiduran melepas lelah |
|
Ada tempat charge dan colokkan USB |
|
Buat yang mau refund GST dalam bentuk uang tunai/cash |
|
Waiting Lounge |
|
Mesin pijat yang biasanya jadi rebutan pengunjung |
|
Drinking Water di boarding room |
|
Oleh-oleh wajib dari Changi Terminal 2, harganya $4.7 untuk ukuran small Chicago Mix |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar